Cara Agar Fokus Dalam Bekerja. Fokus yang saya maksud di sini adalah mencurahkan segala perhatian, pikiran dan energi terhadap satu hal tertentu, pada rentang waktu tertentu. Musuh dari fokus adalah gangguan atau distraction. Dalam hidup, banyak sekali hal-hal yang harus kita pikirkan dan alami. Belum tentu semuanya penting dan esensial buat hidup kita. Untuk itu kita perlu fokus kepada hal-hal yang benar-benar kita butuhkan saja, yang bisa memberikan kebaikan pada diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita. Hal-hal yang sebenarnya nggak terlalu memberikan nilai tambah dan kebaikan atau bahkan malah membebani hidup, sebaiknya perlahan-lahan dilepaskan dari kehidupan kita. Mereka itulah distraction dalam kehidupan kita.
Selain mesti fokus terhadap hal-hal yang besar dalam hidup kita (misalnya, fokus terhadap tujuan hidup, fokus terhadap rencana keuangan keluarga, fokus terhadap karir, dan sebagainya), kita juga seharusnya bisa fokus terhadap hal-hal yang lebih kecil dan rutin sifatnya. Misalnya, fokus terhadap program olahraga/fitness, fokus terhadap program diet, fokus terhadap suatu project di kantor, dan lain-lain sebagainya.
Kali ini, saya coba share tentang bagaimana caranya supaya bisa fokus dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kita di kantor. Salah satu tantangan terbesar saya dalam bekerja adalah selalu fokus terhadap apa yang sedang saya kerjakan. Sudah banyak cara yang saya lakukan untuk bisa lebih fokus terhadap pekerjaan, salah satunya adalah dengan cara memrioritaskan tugas-tugas yang paling penting dan urgent di pagi hari. Namun ternyata saya masih kerap kehilangan fokus, terutama ketika sedang di kantor.
Dari penelurusan saya melalui internet terhadap artikel atau posting blog mengenai cara-cara fokus di tempat kerja, terkumpul beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan untuk membuat diri kita lebih fokus terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan:
1. Menjauh dari internet untuk sementara. Ini berarti, abaikan email, Twitter, Facebook, instant messaging dan segala macam hubungan intim atau interaksi melalui media internet
2. Abaikan SMS. Most of the time, pesan yang disampaikan lewat sms itu tidaklah urgent, bisa dibaca nanti setelah kita selesai mengerjakan suatu tugas
3. One task at a time. Kerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu hingga tuntas, baru beralih ke tugas atau pekerjaan berikutnya
4. ‘Singkirkan’ untuk sementara masalah pribadi yang sedang menggelanyuti pikiran. Memang tidak mudah menghilangkan beban pikiran, apalagi jika itu menyangkut urusan yang sangat pribadi. Tips dari saya: cuci muka (atau berwudhu dan sholat), minum segelas air putih hangat, basuh kepada dengan handuk hangat, usahakan untuk mulai fokus dan tarik nafas panjang sebelum mulai bekerja
5. Istirahat cukup. Otak dan tubuh kita pasti butuh istirahat yang cukup. Bahkan seorang atlet profesional pun butuh istirahat di tengah-tengah kompetisi yang ketat dan melelahkan. So, pastikan tubuh dan pikiran kita mendapatkan kesempatan untuk recharge dan rebuild
6. Perut tidak kosong. Ini kayaknya sudah hukum alam deh. Kalau perut kosong dan keroncongan, biasanya otak kita akan kesulitan untuk bekerja secara optimal. Bahkan pada orang yang berpuasa pun, ketika sudah mulai sore, stamina akan turun karena kadar gula yang berkurang. Jadi, sarapanlah yang cukup dan makan secara teratur
7. Olahraga supaya badan lebih fit. Haha, kalau yang ini terus terang saya sendiri pun belum rutin mempraktekkannya. Tapi secara logika, dengan olahraga yang teratur, maka tubuh kita akan lebih fit, lebih sehat, lebih segar dan bugar. Kondisi tubuh yang loyo, lemah, letih dan lesu tentu kurang mendukung untuk bisa fokus dalam pekerjaan
8. Tutup pintu ruangan kerja. Apabila Anda punya ruangan kerja tersendiri, perlulah sekali-kali Anda menutup pintu ruang kerja Anda, jika itu bisa membantu Anda fokus dalam bekerja
9. Selesaikan dulu urusan remeh temeh. Seringkali, pikiran kita terbang ke hal-hal lain yang kecil-kecil tapi banyak. Harus ke Bank bayar inilah, kemudian ke toko bayi beli itulah, kemudian ke kios HP beli pulsalah, kemudian mengantarkan titipan istri ke teman kantorlah. Hal-hal yang kecil seperti itu sebaiknya dituntaskan terlebih dahulu sebelum kita mulai fokus untuk bekerja
10. Telepon orang-orang tercinta. It works for me. Sempatkan diri untuk menelpon orang rumah atau orang tua, sekedar untuk menanyakan kabar atau sedang apa. Itu sudah cukup menentramkan hati. Dan hati yang tenang akan membantu kita untuk fokus
11. Tentukan batas waktu. Biasanya saya akan lebih fokus kalau ada batas waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas. Bahasa kerennya kepepet. Karena waktu terbatas, maka tanpa sadar kita akan mencurahkan segala pikiran dan waktu kepada tugas tersebut. Jadi, kepepetness itu ternyata penting juga ya.
12. Mandi. Dengan mandi anda akan merasa fresh, otak anda pun akan mulai terasa fresh!
1. Menjauh dari internet untuk sementara. Ini berarti, abaikan email, Twitter, Facebook, instant messaging dan segala macam hubungan intim atau interaksi melalui media internet
2. Abaikan SMS. Most of the time, pesan yang disampaikan lewat sms itu tidaklah urgent, bisa dibaca nanti setelah kita selesai mengerjakan suatu tugas
3. One task at a time. Kerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu hingga tuntas, baru beralih ke tugas atau pekerjaan berikutnya
4. ‘Singkirkan’ untuk sementara masalah pribadi yang sedang menggelanyuti pikiran. Memang tidak mudah menghilangkan beban pikiran, apalagi jika itu menyangkut urusan yang sangat pribadi. Tips dari saya: cuci muka (atau berwudhu dan sholat), minum segelas air putih hangat, basuh kepada dengan handuk hangat, usahakan untuk mulai fokus dan tarik nafas panjang sebelum mulai bekerja
5. Istirahat cukup. Otak dan tubuh kita pasti butuh istirahat yang cukup. Bahkan seorang atlet profesional pun butuh istirahat di tengah-tengah kompetisi yang ketat dan melelahkan. So, pastikan tubuh dan pikiran kita mendapatkan kesempatan untuk recharge dan rebuild
6. Perut tidak kosong. Ini kayaknya sudah hukum alam deh. Kalau perut kosong dan keroncongan, biasanya otak kita akan kesulitan untuk bekerja secara optimal. Bahkan pada orang yang berpuasa pun, ketika sudah mulai sore, stamina akan turun karena kadar gula yang berkurang. Jadi, sarapanlah yang cukup dan makan secara teratur
7. Olahraga supaya badan lebih fit. Haha, kalau yang ini terus terang saya sendiri pun belum rutin mempraktekkannya. Tapi secara logika, dengan olahraga yang teratur, maka tubuh kita akan lebih fit, lebih sehat, lebih segar dan bugar. Kondisi tubuh yang loyo, lemah, letih dan lesu tentu kurang mendukung untuk bisa fokus dalam pekerjaan
8. Tutup pintu ruangan kerja. Apabila Anda punya ruangan kerja tersendiri, perlulah sekali-kali Anda menutup pintu ruang kerja Anda, jika itu bisa membantu Anda fokus dalam bekerja
9. Selesaikan dulu urusan remeh temeh. Seringkali, pikiran kita terbang ke hal-hal lain yang kecil-kecil tapi banyak. Harus ke Bank bayar inilah, kemudian ke toko bayi beli itulah, kemudian ke kios HP beli pulsalah, kemudian mengantarkan titipan istri ke teman kantorlah. Hal-hal yang kecil seperti itu sebaiknya dituntaskan terlebih dahulu sebelum kita mulai fokus untuk bekerja
10. Telepon orang-orang tercinta. It works for me. Sempatkan diri untuk menelpon orang rumah atau orang tua, sekedar untuk menanyakan kabar atau sedang apa. Itu sudah cukup menentramkan hati. Dan hati yang tenang akan membantu kita untuk fokus
11. Tentukan batas waktu. Biasanya saya akan lebih fokus kalau ada batas waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas. Bahasa kerennya kepepet. Karena waktu terbatas, maka tanpa sadar kita akan mencurahkan segala pikiran dan waktu kepada tugas tersebut. Jadi, kepepetness itu ternyata penting juga ya.
12. Mandi. Dengan mandi anda akan merasa fresh, otak anda pun akan mulai terasa fresh!
Kalau kita bisa fokus, mudah-mudahan kita menjadi lebih produktif. Kalau kita lebih produktif, mudah-mudahan kita menjadi lebih bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Cara Agar Fokus Dalam Bekerja
0 comments:
Post a Comment